Minggu, 05 April 2009

WISATA PANTAI PANGANDARAN

Setelah direncanakan jauh-jauh hari akhirnya berangkat ke Pangandaran kesampean juga...

gw berangkat dari Jakarta pukul 22:00 langsung meluncur ke Pangandaran dengan jarak tempuh kurang lebih 350 Km. agar perjalanan terasa menyenangkan gw beli perbekalan untuk diperjalanan ditempat peristirhatan tol yang ke dua kalo dari arah jakarta. setelah itu langsung melanjutkan perjalanan lagi menuju Tol Purbaleunyi. pukul 24:00 gw berhenti di pom bensin Purbaleunyi untuk mengisi bensin dan melaksanakan sholat Isya. setelah sholat, pedal gas kendaraan langsung diinjak tanpa berhenti lagi.

sampe di Pangandaran jam 4:00 pagi, kemudian gw cari penginapan yang sebelumnya sudah gw cari diinternet sebagai referensi. tapi gw gak bisa langsung check in karena tanggung, apabila gw check in gw akan dikenakan biaya satu malem menginap. terpaksa istirahat di lobby hotel. tetapi orang-orang disana baik-baik gw bisa langsung masuk pada jam 7 pagi, kemudian gw istirahat tidur sampe jam 10 pagi.

GREEN CANYON (Cukang Taneuh)

setelah istirahat yang kurang cukup menurut gw, gw langsung menuju Cukang Taneuh, dimana orang-orang bule diluar sana sering menyebutnya Green Canyon. ditemani seorang guide yang gw dapet dari hotel gw berangkat menuju Green Canyon dengan menempuh perjalan kurang lebih 20 menit dari tempat gw menginap.

untuk tiba dilokasi green canyon kita haru menaiki sampan atau perahu kecil yang sudah tersedia. Dengan membayar Rp.75.000 makan kita akan diantarkan langsung oleh pengemudi kapal beserta anak buah kapal ketempat tujuan. 1 unit kapal hanya bisa digunakan maksimal 5 orang. agar perahu tidak kembali ke pangkalan dan barang-barang milik gw dijaga, gw membayar Rp.75.000 lagi.
Dari tempat pemberhentian perahu, gw harus berenang menggunakan pelampung menuju dalam area green canyon ini. medan yang ditempuh cukup berat, sampe-sampe gw kagak kuat lagi menahan badan gw yang besar ini terbawa arus. untungnya anak buah kapalnya sangat mengenal medan, dan berhasil membawa gw sampe ke ujung. diujung green canyon ini terdapat kolam yang berada di tebing bebatuan dengan sumber airnya adalah batu itu sendiri. airnya sangat sejuk, dan segar... menurut informasi dari guide, air ini memiliki khasiat yang banyak... boleh percaya atau tidak.

setelah selesai menikmati air kolam yang ada ditebing, gw pun pulang.... nah uniknya untuk pulang kembali ke perahu, gw tinggal menghanyutkan badan tetapi tetap harus mengikuti arahan dari guide karena banyak sekali batu-batu apabila tidak wapada maka kaki kita akan berbenturan dengan batu.

setelah menikmati keindahan dari Green Canyon, guide menyarankan agar kita segera ke Batu Karas untuk makan siang, maklum udah jam 14:00 perut udah berasa lapar sekali....
jarak tempuh antara Green Canyon dan Batu Karas kurang lebih 15 menit

BATU KARAS
Batu karas menurut gw pantai yang tenang, kalo weekdays adalah waktu yang tepat untuk datang kesini. selain masih alami, pantai ini juga boleh dibilang masih bersih.
gw makan siang di rumah makan yang ada di batukaras, cukup murah dan lumayan enak.
ombak dipantai ini tidak terlalu besar cukup enak untuk berenang.
tetapi karena gw tadi udah basah-basahan di green canyon maka disini gw cuma menikmati keindahan pantainya aja.
selesai dari batu karas gw langsung melanjutkan perjalan menuju Pantai Batu Hiu

BATU HIU
perjalan dari Batu Karas ke Batu Hiu menempuh waktu kurang lebih 15 menit, tidak jauh kok. Pantai Batu Hiu ini gak bisa berenang, ombaknya besar sekali. kita hanya bisa menikmati pemandangannya dari atas bukit.
batu yang berbentuk ikan hiu sudah tidak berbentuk lagi karena kerasnya ombak.
setelah mengambil beberapa foto kemudian gw melanjutkan perjalan menuju cagar alam yang berada didekat hotel tempat gw menginap.

Cagar Alam ini cukup menyeramkan untuk didatangi, terdapat beberapa Goa yang menurut cerita ada goa yang bekas pejajahan jepang dulu. dari pada terjadi sesuatu gw memutuskan untuk tidak masuk kedalam goa tersebut. didalam cagar alam ini terdapat rusa, grey mongkey, dan lutung alias monyet hitam. kita bisa memberi makan mereka dan sepertinya mereka sudah terbiasa dengan orang-orang berjalan disekitarnya. memasuki cagar alam sampe kedalam, kita akan menemukan sebuah pantai yang menurut gw the best place in pangandaran, dan banyak orang bilang tempat ini sangat bagus untuk menikmati matahari terbenam. sayangnya pada saat gw disana matahari sedang tertutup awan.
nama tempatnya adalah pasir putih, biasanya bule-bule kalo pagi berjemur disini. selain pasir nya yang putih, kita juga bisa melihat-lihat ikan-ikan hias yang terjebak diantara karang-karang.
karena hari sudah mulai gelap gw langsung pulang dan segera beristirahat di Hotel.
so buat yang berminta kesini, jangan ragu-ragu ini merupakan tempat yang menarik untuk didatangi.....